Washington,LiputanIslam.com-Penolakan tegas pejabat Denmark dan Greenland terhadap ide pembelian kawasan otonom itu membuat presiden AS gusar. Penolakan itu lalu berbuntut dibatalkannya kunjungan Donald Trump ke Denmark.

Kisah bermula saat harian Wall Street Journal dan stasiun televisi CNN mengabarkan minat Trump untuk membeli pulau Greenland dari Denmark. Greenland adalah tempat untuk pangkalan radar AS guna mengamati rudal-rudal balistik antarbenua.

Dilansir dari CNN, Trump beberapa kali mengutarakan keinginannya untuk membeli pulau tersebut kepada pemerintah Denmark.

Baca: Yaman Tembak Jatuh Drone MQ-9 Milik AS

Greenland adalah pulau terbesar di antara Samudera Atlantik dan Arktik. Pulau ini merupakan kawasan otonom Kerajaan Denmark dengan luas 21.666 km persegi dan 55.877 penduduk.

Keinginan Trump ditolak mentah-mentah oleh pejabat Denmark dan Greenland, bahkan mereka menyebutnya sebagai “hal yang menggelikan.”

Presiden AS menunjukkan kegusarannya atas penolakan itu melalui akun Twitter-nya. Dia mencuit,”Denmark adalah negara spesial dengan warga yang luar biasa. Namun, melihat statemen Mette Frederiksen (PM Denmark) bahwa dia tidak berminat bicara soal pembelian Greenland, saya menangguhkan jadwal kunjungan dua pekan mendatang ke waktu lain.”

Sebelum ini, Trump direncanakan mengunjungi Denmark pada 2 September usai melawat ke Polandia.

Trump juga berniat menemui Kim Kielsen (Kanselir Agung Greenland). Namun kehebohan soal kabar pembelian Greenland memancing komentar para petinggi Denmark dan Greenland.

“Masalah ini bukan sesuatu yang bisa dibuat lelucon,”ujar Kielsen menanggapi isu pembelian Greenland. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Polandia Cuma Berani Dukung Koalisi Maritim AS Secara Politik, Bukan Militer

Trump Dibuat Gusar (Lagi) oleh Media Kesayangannya

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*