Damaskus,LiputanIslam.com-Seorang komandan kelompok FSA (Free Syrian Army), yang merupakan salah satu kelompok pemberontak Suriah, secara terbuka menyatakan bahwa Turki adalah satu-satunya pendukung dana dan persenjataan kelompoknya.

“Kami mengalami banyak kesulitan. Selain Bashar Assad, musuh kami di Suriah adalah Partai Buruh Kurdi (PKK) dan ISIS,”kata Haitham Afisi dalam wawancara dengan Reuters.

“Semua bantuan untuk FSA hanya berasal dari Turki. Tak ada negara lain yang mendukung kami. Turki bahkan juga yang membayarkan gaji para petempur kami. Selain dukungan logistik, Turki juga memberikan bantuan persenjataan jika diperlukan,”lanjutnya.

Afisi mengatakan, kelompoknya mendapat instruksi untuk menghindari kontak senjata dengan para sekutu penentang Assad, menggunakan seragam militer identik, bekerjasama dengan satuan polisi militer yang baru dibentuk, dan tidak bersaing dengan fraksi-fraksi lain.

“Aturan larangan membuat perangkat yudikatif dan penjara-penjara terpisah oleh tiap kelompok oposisi telah disampaikan oleh FSA,”kata Afisi.

Terkait konflik kelompok-kelompok oposisi dengan para “jihadis” di Idlib, Afisi menyatakan, kelompoknya siap mengulurkan bantuan kepada semua kelompok yang memperjuangan tujuan revolusi Suriah.

Menurut pengakuannya, saat ini FSA  memiliki 35 ribu serdadu militer. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*