NewYork,LiputanIslam.com-Stasiun televisi France 24 menyanjung pidato presiden Iran di sidang umum PBB, Selasa (25/9). Menurut media Prancis ini, tak seperti Trump yang berupaya mengucilkan Iran, Rouhani justru menunjukkan Iran sebagai anggota masyarakat dunia yang bertanggung jawab.

Armen Georgian (redaktur senior seksi internasional France 24) mengatakan, AS-lah yang justru terkucil karena keluar dari JCPOA.

“Pidato Rouhani tidak pedas, sebab ini bukan kali pertama dia berpidato (di sidang umum PBB). Namun dia bersikap tegas dan kukuh di hadapan Israel,”komentar Georgian.

Di sidang umum ke-73 PBB, ditujukan kepada AS, Rouhani mengatakan,”Jika kalian hendak berunding lagi, kembalilah ke meja perundingan yang kalian singkirkan.”

“Kami percaya bahwa pada akhirnya, jalan terbaik adalah dialog. Namun dialog ini harus dua arah dan didasari kesetaraan, keadilan, status manusia, dan hukum internasional.”

“Resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB bukan ‘lembaran yang bisa dirobek.’ Kami mengundang Anda untuk kembali ke resolusi 2231.”

“Jika kalian takut kepada JCPOA dan menganggapnya sebagai hasil dari rival politik kalian di AS, kami menyeru kalian untuk kembali ke keputusan DK PBB. Kami mengundang kalian untuk tetap bertahan di lembaga-lembaga internasional,”tandas Rouhani. (af/alalam)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*