Gaza,LiputanIslam.com-Sejumlah pihak di Eropa dikabarkan menawarkan bantuan kepada Hamas. Tawaran ini diberikan guna mencegah kemungkinan ‘ledakan’ kebangkitan di Palestina. Demikian dilansir oleh harian Lebanon, al-Akhbar.

Menurut al-Akhbar, tawaran ini untuk mengantisipasi sanksi yang dijatuhkan Mahmoud Abbas terhadap Jalur Gaza. Jika ketua PLO ini memberlakukan lebih banyak sanksi dan tidak mau memedulikan Gaza, Hamas diharapkan untuk mempertimbangkan tawaran tersebut.

Berdasarkan proposal ini, negara-negara Eropa akan menangani urusan warga dan penghidupan mereka, termasuk gaji semua pegawai di Gaza (baik yang berafiliasi kepada PLO atau Hamas). Syaratnya adalah komite Eropa mengambil alih semua pemasukan Jalur Gaza, yang saat ini dipegang Rezim Zionis untuk kepentingan PLO.

Supaya proposal ini tidak diprotes Tel Aviv, salah satu butir proposal ini mengharuskan Hamas untuk tidak menggunakan perangkat militernya dan memicu ketegangan dengan Israel. Dengan kata lain, sebagai imbalan bantuan yang akan diberikan, Hamas harus menjaga keamanan di perbatasan Gaza dan Tanah Pendudukan.

Al-Akhbar menyatakan, sejauh ini Hamas belum menanggapi tawaran tersebut dan masih berniat untuk mengkajinya.

Hamas sudah dihimpit krisis ekonomi selama setahun terakhir. Namun krisis ini mencapai puncaknya pada bulan ini, sehingga banyak yayasan di Jalur Gaza yang beraktivitas seminimal mungkin.

Hamas juga membelanjakan sebagian anggarannya untuk demo-demo al-Awdah (Kepulangan) yang telah dimulai sejak tiga minggu lalu. Setiap korban luka dalam demo ini mendapat santunan 500 dolar, sementara tiap keluarga syahid memperoleh 3000 dolar.

Diadakannya demo al-Awdah tiap hari Jumat di perbatasan Gaza-Tanah Pendudukan memicu kekhawatiran besar Israel. Rezim Zionis dikabarkan menghubungi sejumlah negara Barat dan Arab untuk mengatasi demo-demo tersebut. Tampaknya proposal dari Eropa di atas ditawarkan dalam rangka ini. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*