Palestina,LiputanIslam.com—Saeb Erekat, Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), menyeru pada komunitas internasional untuk menahan Israel agar bertanggung jawab atas pelanggarannya terhadap hak-hak asasi rakyat Palestina secara sistematis, khususnya hak-hak tahanan, Senin (17/04).

Kami menghormati para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel “atas tindakan heroik dan ketabahan mereka karena menolak praktek-praktek penindasan yang dilakukan Israel,” ucap Erekat pada hari Tawanan Palestina. Komunitas Internasional, organisasi HAM, dan Pihak-pihak yang mengurus konvesi Jenewa keempat harus memenuhi kewajiban mereka, serta memikul tanggung jawab atas pelanggaran sistematis Israel terhadap hak asasi manusia orang-orang Palestina yang ditahan.

“Sudah saatnya komunitas internasional mengambil tindakan nyata untuk memastikan kepatuhan Israel atas hukum internasional dan melindungi hak-hak tahanan,” ucap Erekat.

“Kami juga meminta pengadilan internasional agar mempercepat penyelidikan atas kejahatan perang yang dilakukan Israel,” tambahnya.

Erekat menegaskan bahwa perdamaian hanya akan tercapai apabila Israel mau membebaskan orang-orang Palestina yang ditahan.

“Setelah 50 tahun, Israel harus segera memenuhi hak-hak para tahanan palestina yang telah lama tertunda serta mempercepat pembebasan mereka agar perdamaian segera tercapai. Pemimpin Palestina akan terus berusaha semaksimal mungkin dan mendesak komunitas internasional untuk menekan Israel agar mematuhi dan menghormati hak-hak tahanan Palestina.”

Pejabat PLO menyeru pada seluruh warga Palestina, dimanapun, agar memberikan dukungan penuh atas tahanan Palestina yang telah memulai perjuangan “aksi mogok” pada Senin Kemarin “melawan kebijakan ilegas Israel yang telah melanggar hukum kemanusiaan internasional dan hukum HAM internasional secara serius.”. (fd/wafa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL