Ankara,LiputanIslam.comPresiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan, mengatakan pada Senin (8/10) bahwa para pejabat di konsulat Saudi di Istanbul harus membuktikan bahwa jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi telah meninggalkan gedungnya. Pembuktian ini terkait dengan dugaan dibunuhnya Khashoggi saat tengah mengurus surat pernikahan di gedung konsulat tersebut. Meski para pejabat di gedung konsulat itu mengatakan bahwa Khashoggi telah meninggalkan gedung, tetapi Tunangan Khashoggi yang saat itu menunggu di luar gedung, belum melihat kekasihnya itu keluar.

Erdogan menambahkan, “Saya telah memberi perintah kepada dinas intelijen, Kementerian Kehakiman, jaksa dan polisi untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengumpulkan informasi tentang Jamal Khashoggi dan kemudian mengungkapkannya. ”

Presiden Turki menekankan bahwa insiden hilangnya Khashoggi merupakan hal penting.  Karena itu, Erdogan merasa penyelidikan ini adalah bagian dari tugas politik dan moral bagi Turki.

Jamal Khashoggi adalah seorang penulis yang kritis terhadap kebijakan pemerintah Arab Saudi. Beberapa waktu lalu, ia dikabarkan hilang saat berada di Turki. Kuat dugaan Khashoggi telah ‘dihabisi’ oleh pemerintah Arab Saudi, mengingat kerasnya sikap rezim tersebut terhadap siapa pun yang melontarkan kritik pada kerajaan tersebut. (fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*