Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan saat melakukan pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, di Jeddah, pada 23 Juli 2017.

Ankara,LiputanIslam.com—Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan telah membahas operasi militer Turki bernama “Operasi Tangkai Zaitun” di Suriah dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz.

Berdasarkan atas keterangan dari Kantor Berita Turki, Anadolu, pada Selasa kemarin (13/2) bahwa Erdogan telah berbicara dengan Salman melalui telepon perihal operasi militer Turki yang sedang berlangsung di Provinsi Afrin, Suriah, bernama “Operasi Tangkai Zaitun”. Ia juga mengatakan akan memberikan izin kepada rakyat sipil yang sebelumnya tertangkap oleh pihak militer untuk bebas dan kembali ke rumah masing-masing.

Kedua negara menekankan perlunya integritas wilayah untuk Suriah dan solusi politik untuk menyelesaikan konflik di Suriah.

Kedua pemimpin tersebut juga berencana untuk meningkatkan hubungan bilateral. Turki telah memulai operasi militer di Suriah, khususnya di Provinsi Afrin, sejak 20 Januari lalu dengan tujuan menyingkirkan pasukan Kurdi yang didukung AS bernama Unit Perlindungan Rakyat Sipil (YPG). Ankara memandang organisasi tersebut sebagai organisasi teror dan cabang dari Partai Pekerja Kurdistan yang illegal.

Walaupun begitu, operasi Turki di Afrin, belum mendapatkan izin dari pemerintah Suriah. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*