Ankara,LiputanIslam.com-Menanggapi ancaman menlu AS terhadap Iran, presiden Turki menyebut bahwa negara-negara pemilik hulu ledak nuklir merupakan ancaman sejati bagi dunia.

“Mereka yang memiliki 15 ribu hulu ledak nuklir adalah ancaman bagi dunia,”kata Recep Tayyib Erdogan, Senin (21/5) seperti dilansir Euro News.

Erdogan menyinggung perkiraan jumlah total hulu ledak nuklir di seluruh dunia, yang mayoritas dimiliki AS dan Rusia.

“Kenapa negara-negara pemiliki senjata nuklir harus mengancam negara-negara lain? Jika kita bersikap objektif, negara-negara yang menggunakan senjata nuklirnya untuk mengancam pihak lain, tidak memiliki kredibilitas sama sekali di tengah masyarakat internasional,”lanjutnya.

Presiden Turki menyatakan, seharusnya Timur Tengah steril dari senjata nuklir. Diaa menyindir Rezim Zionis yang disinyalir sebagai satu-satunya pemilik senjata nuklir di kawasan.

Erdogan menegaskan penolakan negaranya terhadap pihak yang keluar dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA). Dia juga mengapresiasi pihak-pihak yang bertahan di JCPOA kendati harus berlawanan dengan AS.

Menlu AS pada Senin lalu mendukung keputusan negaranya keluar dari JCPOA, seraya mengajukan 12 syarat kepada Iran untuk menjalin kesepakatan baru. Pidato Mike Pompeo ini mendapat reaksi keras dari presiden dan menlu Iran. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*