Istambul,LiputanIslam.com—Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyebut negaranya akan segera membeli sistem anti-rudal buatan Rusia, S-400. Meski dihadang oleh ancaman AS, Erdogan pada pendiriannya dan akan segera melakukan proses pembelian dalam waktu dekat.

“Turki membutuhkan S-400 dan persetujuan terkait telah selesai dilakukan,” ucap Erdogan pada perayaan kelulusan para pejabat militer di Kota Balikesir, Jum’at (31/8).

“Tuhan menghendaki, kami akan membeli sistem tersebut secepat mungkin,” tekan Erdogan.

Pada 3 April lalu, Erdogan bersama dengan rekan Rusianya, Vladimir Putin, mengatakan saat mereka berada di Ankara, bahwa mereka telah menyetujui pengiriman sistem S-400. Pada saat itu, pengiriman rencananya akan dilakukan pada akhir 2019 dan awal 2020.

Sekretaris Pertahanan AS, James Mattis, menyampaikan pada 28 Agustus lalu, bahwa negaranya sedang mengamati sepak terjang Turki yang berniat untuk membeli S-400. Mattis menambahkan bahwa Washington sangat tidak merekomendasikan niat Turki tersebut. Jika Turki tetap nekat, AS mengancam akan merenggangkan hubungan kerjasama yang sudah terjalin antara AS dan Turki, khususnya di bidang kerjasama industri militer. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*