Rajouri,LiputanIslam.com-Media-media mengabarkan, empat serdadu India tewas ditembak para penjaga perbatasan Pakistan di Rajouri, kawasan yang dikuasai India di Kashmir, pada Sabtu (23/12).

Polisi India mengumumkan, seorang serdadu India juga terluka akibat insiden penembakan tersebut.

India dan Pakistan telah menandatangani perjanjian gencatan senjata di perbatasan sejak tahun 2003. Namun pasukan dari kedua negara tetangga ini masih kerap bertukar tembakan.

Kashmir dibagi untuk India dan Pakistan menyusul berakhirnya penjajahan Inggris di Semenanjung India tahun 197. Masing-masing dari dua negara saling mengklaim hak atas wilayah tersebut.

Militer India terlibat konflik bersenjata dengan kelompok separatis di Kashmir sejak 1989. India telah menempatkan 500 ribu serdadunya di kawasan sengketa tersebut. Konflik antara kedua belah pihak telah menelan puluhan ribu korban jiwa, yang sebagian besar berasal dari kalangan sipil.

New Delhi menuduh tetangganya mengirim pasukan bersenjata ke Kashmir untuk memerangi tentara India. Namun Islamabad membantah keras tuduhan tersebut.

Tahun 2017 disebut sebagai tahun paling berdarah di Kashmir sejak beberapa dekade terakhir, sebab pasukan India melalui operasi militernya telah menewaskan lebih dari 210 orang di kawasan sengketa ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*