Kairo,LiputanIslam.com-Presiden Mesir menyatakan, dengan ditandatanganinya kesepakatan ekspor gas antara Kairo-Tel Aviv, negaranya tengah menempuh jalur yang benar.

Melalui pidato yang disiarkan televisi Mesir, Abdul Fattah el-Sisi menanggapi ekspor gas dari Israel ke Israel. “Mesir tengah berproses menjadi pusat regional energi. Hal ini memiliki dampak positif yang besar,”ujar el-Sisi, seperti dilansir Reuters.

Dua hari lalu, perusahaan Israel, Delek, mengumumkan kesepakatan dengan perusahaan Mesir, Dolphinus. Berdasarkan kesepakatan senilai 15 milyar dolar itu, Delek akan mengekspor gas sejumlah 64 milyar kubik dalam jangka waktu 10 tahun.

Kedua pihak dikabarkan akan segera mengambil langkah resmi agar kesepakatan tersebut bisa segera dijalankan.

PM Israel sangat menyambut baik kesepakatan ini. Benyamin Netanyahu bahkan menyebut hari tercapainya perjanjian ekspor ini sebagai “hari bersejarah bagi Israel.”

Di masa pemerintahan Hosni Mubarak, Mesir menjual gas alamnya ke Israel dengan harga paling rendah. Hal ini menjadi salah satu penyebab yang memicu pemberontakan rakyat Mesir terhadap Mubarak, hingga akhirnya dia digulingkan dari kekuasaan pada Januari 2011. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*