TelAviv,LiputanIslam.com-Harian Israel, Haaretz, pada hari Selasa (27/3) memuat laporan tentang penguatan hubungan Tel Aviv dengan Riyadh dan sejumlah negara kawasan. Menurut harian ini, normalisasi hubungan antara Saudi dan Israel telah sampai pada tahap yang lebih maju.

Gadi Eizenkot, kepala staf umum tentara Israel, dikabarkan bertemu dengan seorang pejabat Saudi di Tel Aviv. Pejabat Saudi itu merupakan wakil Muhammad bin Salman, putra mahkota Saudi.

Pertemuan itu dilakukan guna mengukuhkan hubungan antara kedua belah pihak. Menurut Haaretz, topik tentang pemulihan hubungan dan pembangunan jalur kereta api antara Saudi-Israel selalu dibicarakan dalam pertemuan politik keduanya.

“Riyadh menginginkan agar perusahaan-perusahaan Israel menanamkan investasi di Saudi. Di lain pihak, Bin Salman sangat bergantung kepada biro-biro keamanan Israel untuk melindungi istana-istana kerajaan,”tulis Haaretz.

Harian ini melaporkan, wakil Bin Salman dalam pertemuan itu juga membahas hubungan Mesir-Israel, juga cara penguatan hubungan ini guna menghadapi Iran yang mengancam akan menghancurkan Israel.

Haaretz mengutip pernyataan Eizenkot bahwa jika Ansharullah menang dalam pertempuran melawan Saudi, maka Israel harus angkat kaki dari Palestina dan pergi ke Eropa. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*