Washington,LiputanIslam.com-Sebuah majalah terbitan Inggris menulis, konferensi Warsawa yang diprakarsai AS gagal mewujudkan tujuan yang diincar Washington.

Berbagai media masih menganalisis konferensi yang diadakan di ibukota Polandia pada 13-14 Februari lalu tersebut. Majalah Economist menulis,”Seminar yang rencananya akan mengucilkan Iran, justru kian membuat AS malu.”

“Tim yang bertugas mengorganisasi kebijakan-kebijakan Trump terkait Iran, ternyata harus susah payah untuk menyelenggarakan sebuah seminar,”lanjutnya.

Economist menulis, lebih dari 60 negara mengirim delegasi ke Warsawa untuk menghadiri seminar yang awalnya bertujuan untuk membentuk koalisi internasional melawan Iran. Namun belakangan, agendanya berubah dan seminar itu tidak lagi murni difokuskan untuk membahas masalah Iran.

Kendati Mike Pence (wakil presiden AS) merilis statemen ‘keras’ terhadap Teheran, namun seminar Warsawa ini, sama seperti pentas-pentas anti-Iran lainnya, semakin menunjukkan keterkucilan Washington.

Pence pada hari Kamis (14/2) dengan nada memerintah meminta agar negara-negara Eropa keluar dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA). Namun negara-negara Eropa di hari-hari pertama seminar keamanan Munich menolak permintaan Pence, sehingga Warsawa pun kembali menjadi pertanda pengucilan AS di dunia. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*