Marawi,LiputanIslam.com—Presiden Rodrigo Duterte mengumumkan bahwa aktor utama kelompok teroris ISIS yang berperan sebagai penyuplai dana dan teroris asing ke Filipina telah berhasil diringkus kelompok militer saat operasi penumpasan kelompok teroris berlangsung pada Kamis (19/10).

Aktor utama yang dimaksud adalah Mahmud Ahmad (39), mantan Dosen Universitas Malaysia. Sebelumnya, Mahmud merupakan actor utama yang membantu pembiayaan kelompok militan untuk mengepung daerah selatan Kota Marawi. Tindakannya ini telah menewaskan banyak korban dan memaksa ribuan penduduk untuk mengungsi.

Duterte telah mengumumkan pada Kamis bahwa militernya telah berhasil menangkap Mahmud Ahmad. Beberapa jam sebelumnya, Kepala angkatan bersenjata, Jenderal Eduardo Ano, mengatakan bahwa Ahmad dan sekitar 13 anggota kelompok militan telah tewas dalam pertempuran yang berlangsung sejak Rabu malam hingga Kamis pagi. Enam orang tentara ditemukan dalam keadaan luka-luka dan seorang ibu beserta anaknya, yang sebelumnya ditawan ISIS, telah berhasil diselamatkan.

“Salah seorang bekas tawanan mengatakan bahwa Mahmud telah tewas dan telah dikubur kemarin malam,” ucap Jenderal tersebut.

Dalam sambutannya pada Kamis kemarin, Duterte menekankan bahwa ISIS merupakan ancaman yang nyata bagi Filipina. Melihat kondisi semacam ini, Ia pun semakin yakin untuk menetapkan wilayah Mindanao, termasuk Marawi, sebagai daerah darurat militer.

“Kita harus selesaikan masalah ini atau jika tidak kita akan hancur,” tegas Duterte.

Duterte telah memperingatkan para polisi dan militer agar tetap waspada dengan aksi pembalasan yang mungkin akan dilancarkan ISIS atas kekalahan mereka di Marawi. (fd/NYT)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL