Baghdad,LiputanIslam.com-Duta khusus PBB untuk urusan Irak mengapresiasi al-Hashd al-Shaabi. Kelompok relawan rakyat ini berperan penting dalam pembebasan kota-kota dari ISIS dan perlindungan terhadap warga Irak.

Hal ini disampaikan Jan Kubis saat menemui Syekh Qais Khaz Ali, sekjen gerakan Ashaib al-Haq, di Baghdad. Kubis juga menegaskan dukungan internasional terhadap urusan para pengungsi dan renovasi kawasan-kawasan yang telah dibebaskan dari tangan ISIS. Dia juga menyatakan dukungan ekonomi bagi provinsi-provinsi yang menjadi korban perang terhadap ISIS.

Dalam pertemuan itu, Kubis juga menyinggung perubahan sikap negara-negara Arab, khususnya negara-negara Teluk Persia, terkait kondisi Irak pasca kehancuran ISIS.

Syekh Khaz Ali menyatakan, operasi pembebasan Tal Afar akan dimulai dalam dekat. Menurutnya, al-Hashd al-Shaabi akan bergabung dengan angkatan bersenjata Irak dalam operasi tersebut.

Syekh Khaz Ali lalu menyebut tiga prinsip penting yang dipegang teguh oleh al-Hashd al-Shaabi, yaitu:

Pertama, mengakhiri segala perdebatan tentang masa depan al-Hashd al-Shaabi. Kelompok ini telah ditetapkan sebagai pelindung semua warga Irak, bukan sebuah kelompok eksklusif.

Kedua, rujukan utama bagi al-Hashd al-Shaabi dan semua warga Irak adalah Ayatullah Sayyid Ali Sistani.

Ketiga, al-Hashd al-Shaabi secara konstitusi berhubungan dengan komandan tertinggi angkatan bersenjata Irak. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL