Yerussalem,LiputanIslam.com—Jutaan orang yang tersebar di seluruh dunia rencananya akan melakukan aksi jalan kaki pada Hari Quds Internasional sebagai bukti dukungan mereka terhadap penjajahan atas Palestina dan kecaman atas kezaliman Israel.

Jutaan orang di Iran dan beberapa negara lainnya akan menggelar aksi jalan kaki pada Jum’at depan, Jum’at terakhir dalam bulan Ramadhan tahun ini.

Seruan untuk memboikot Israel tetap menjadi tema utama dalam aksi demonstrasi yang akan digelar ini. Seruan ini telah diperkenalkan oleh aktivis gerakan pro-Palestina selama bertahun-tahun sebagai bentuk protes atas penjajahan yang dilakukan Israel.

Sentimen anti Israel telah menggema di seluruh penjuru dunia akibat kebijakan diskriminatif yang dilakukan Tel Aviv di beberapa wilayah penduduk dan sepanjang Jalur Gaza.

Ketegangan antara Israel dan Palestina semakin menjadi-jadi ketika Israel memperkenalkan batasan masuk bagi warga Palestina yang ingin melakukan ibadah di komplek Masjid AL-Aqsa, Yerussalem, pada Agustus 2015. Lebih dari 300 orang Palestina telah gugur di tangan pasukan Israel sejak awal bulan Oktober 2015.

Setiap tahun, jutaan orang dari seluruh dunia, turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi sebagai bentuk dukungan mereka terhadap warga Palestina dan kembali berseru agar Israel mengakhiri kekejaman dan angkat kaki dari wilayah Palestina.

Di London, orang-orang merayakan Hari Quds ini melalui aksi jalan kaki menyusuri Jalan Regent kemudian berkumpul di jalan Oxford.

Para demonstran sering kali meneriakkan slogan “Free Palestine” dan membawa spanduk atau selebaran yang bertuliskan “Boikot Israel”, “Freedom for Palestine”, “Zionism=rasism.”(fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL