Washington,LiputanIslam.com-Harian New York Times (NYT) dalam kolomnya menyatakan, jika ingin mendukung para perusuh di Iran, Donald Trump sebaiknya diam saja dan tidak berbuat apa pun daripada berbicara.

Cuitan Trump pada Sabtu (30/12) yang mendukung kerusuhan di Iran dinilai NYT terlalu berlebihan dan tidak diperlukan. Menurut NYT, masih banyak hal yang belum jelas terkait kerusuhan ini, juga bagaimana ia akan berakhir. Namun, hal yang sudah jelas adalah bahwa dukungan para petinggi Amerika justru merugikan, alih-alih menguntungkan para perusuh.

Harian Amerika ini mengklaim, mayoritas pejabat kabinet Trump berpendapat, cara terbaik untuk mengubah sikap Iran adalah dengan mengganti sistem pemerintahannya. “Salah satu alasan kenapa ada kekhawatiran soal Trump yang ingin menjadi pahlawan bagi kelompok perusuh, adalah bahwa Obama gagal memanfaatkan kesempatan serupa pada tahun 2009 (kerusuhan pasca pilpres Iran),”lanjut NYT.

Baca: http://liputanislam.com/internasional/timur-tengah/jutaan-warga-iran-berdemo-dukung-pemerintah/

Menurut NYT, Trump tidak berguna bagi kelompok oposisi Iran. Rakyat Iran tidak akan mau didukung oleh presiden yang mengembargo negara mereka dan melarang mereka memasuki Amerika.

“Jika Trump keluar dari JCPOA dan menjatuhkan embargo baru atas Iran, dia tidak melakukan hal berguna untuk oposisi. Hal terbaik yang bisa dilakukannya untuk meningkatkan peluang oposisi adalah dengan tidak melakukan apa pun,”pungkas NYT. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL