Amman,LiputanIslam.com-Media Israel, Haaretz, melaporkan bahwa Donald Trump telah memecat dubes Amerika, Alice Wells, di Yordania. Pemecatan ini dilakukan atas permintaan Raja Abdullah, penguasa Yordania. Kesepakatan nuklir Iran dengan 5+1 (JCPOA) disinyalir sebagai titik perselisihan antara Raja Abdullah dan Wells.

Sebelum ini, Raja Abdullah pernah mengadukan Wells kepada pemerintahan Obama dan meminta agar dia dipecat. Namun permintaan ini tidak dikabulkan. Menurut sejumlah diplomat Amerika sebelum ini dan sekarang, ada ketegangan antara Raja Abdullah dan dubes Amerika untuk Yordania tersebut. Ketegangan ini terutama disebabkan penentangan Raja Abdullah terhadap keputusan Obama menyepakati JCPOA.

Para mantan pejabat Amerika mengatakan, Raja Abdullah pernah berusaha menghalangi kehadiran Wells di rapat para jenderal Amerika yang mengunjungi Amman.

Wells telah bekerja selama 28 tahun di Kementerian Luar Negeri Amerika. Dia terpilih sebagai dubes Amerika untuk Yordania pada tahun 2014. Wells sempat mengajukan pengunduran diri di bulan Maret sebelum masa jabatan tiga tahunnya berakhir. Namun kemudian ia diangkat sebagai staf Kemenlu Amerika untuk  urusan Asia Tengah dan Selatan. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL