Tel Aviv,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan koran Jerusalem Post, Kemal Okem, dubes baru Turki untuk Israel, mengatakan,”Seperti halnya Israel, Turki juga mencemaskan ambisi-ambisi regional dan kekuatan nuklirIran. Hanya saja staregi kami berbeda dengan Israel.”

Menurut Okem, berkas nuklir Iran menyebabkan kekhawatiran semua pihak. “Ankara percaya, cara terbaik untuk menghadapi Iran adalah mengekangnya, bukan mengucilkannya,”ujar Okem.

Dubes Turki mengklaim, negaranya memiliki perbatasan yang sama dengan Iran selama ratusan tahun dan tidak terjadi perubahan hingga kini. “Iran memandang kami sebagai rival strategis. Kami berpendapat bahwa ambisi Iran harus diredam,”ungkapnya.

Terkait ISIS dan ancaman terorisme, Okem mengatakan,”Ancaman ini bisa dilihat di Berlin dan Istanbul. Turki adalah bagian dari perlawanan dunia melawan ekstremisme dan ISIS. Muslimin dan Yahudi harus bekerjasama dalam perang ini. Terorisme adalah sebuah fenomena universal dan tak bisa dikalahkan tanpa perlawanan universal. Ini adalah salah satu dalil kenapa Turki dan Eropa harus melanjutkan kerjasama mereka.”

Sehubungan dengan masalah Gaza, Okem menyatakan, negaranya mendukung rakyat Gaza, bukan Hamas. “Kami tidak setuju bahwa siapa pun yang tinggal di Gaza adalah teroris yang berafiliasi kepada Hamas. Kita harus membedakan antara warga yang menderita dengan anggota Hamas yang merupakan partai politik,”ungkapnya. (af/tasnimnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL