Ankara,LiputanIslam.com-Kedubes Qatar di Ankara melalui akun Twitter-nya menanggapi isu yang dipublikasikan sebuah majalah Turki. Kedubes Qatar membantah kabar soal rencana kudeta terhadap Emir Qatar.

Majalah Gercek Hayat edisi pekan ini mengklaim, pasukan Turki yang dikirim ke Qatar berhasil menggagalkan kudeta atas Tamim bin Hamad, pemimpin Qatar.

Berdasarkan klaim majalah tersebut, krisis Qatar tak hanya terbatas pada pemutusan hubungan dan blokade negara-negara Arab saja. Militer Saudi dan UEA juga disebut-sebut berencana menggulingkan pemerintahan Tamim. Namun, rencana itu gagal diwujudkan lantaran kehadiran militer Turki di negara tersebut.

Menurut laporan seorang pejabat Turki yang enggan namanya disebutkan, pada tanggal 5 Juni sekitar 200 serdadu khusus militer Turki diperintahkan untuk menjaga tempat tinggal Emir Qatar. Tujuannya adalah guna mencegah segala upaya militer untuk menggulingkan Tamim.

Sejumlah media Turki seperti Daily Sabah dan Yeni Safak meliput kabar kudeta atas Emir Qatar secara luas dalam beberapa hari terakhir.

Kedubes Qatar dalam statemennya menegaskan, kabar tersebut tidak sesuai fakta. Namun mereka membenarkan bahwa upaya politik para sekutu Qatar, termasuk Kuwait dan Turki, telah meredam potensi konflik militer negara-negara Arab dengan Doha. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL