Kabul,LiputanIslam.com-Kanal berita CNN mengabarkan, Gina Haspel (direktur CIA) telah melawat ke Afghanistan.

Mengutip dari sejumlah sumber kredibel, CNN memberitakan bahwa lawatan Haspel ke Kabul dilakukan secara diam-diam.

Stasiun televisi AS ini tidak menyebut kapan persisnya lawatan itu dilaksanakan. CNN hanya mengabarkan bahwa Haspel menemui Ashraf Ghani (presiden Afghanistan) dan Masoom Stanekzai (ketua dewan keamanan nasional).

“Sangat penting untuk meyakinkan Taliban agar bersedia duduk bersama pemerintah Afghanistan dan pihak-pihak lain, serta terlibat dalam sebuah proses politik di Afghanistan. Tiap solusi untuk Afghanistan tak akan berhasil selama Taliban enggan berunding dengan pihak-pihak lain atau menyetujui sebuah solusi politis,”kata seorang pejabat senior AS kepada CNN.

Dalam lawatan ke Afghanistan, Haspel membicarakan sejumlah isu, termasuk mempertahankan dan (mungkin) meningkatkan eksistensi intelijen AS di negara tersebut.

Menurut CNN, CIA menolak permintaan stasiun televisi ini untuk menyampaikan opini terkait lawatan Haspel.

Di awal tahun ini, Haspel dalam sebuah konferensi keamanan menyatakan, jika kesepakatan dengan Taliban bisa dibuat, perlu adanya tim intelijen tangguh untuk mengawasi pelaksanaan kesepakatan itu.

Sebelum ini, para pejabat AS juga telah berunding dengan delegasi Taliban di kantor politik kelompok tersebut di Doha, Qatar. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*