Jason Chaffetz (foto:tasnimnews)

Jason Chaffetz (foto:tasnimnews)

Washington,LiputanIslam.com-Kantor berita Tasnim menukil dari Washington Post bahwa Senin (28/11), tujuh belas wakil Partai Demokrat meminta Jason Chaffetz untuk memulai investigasi terkait aktifitas keuangan Trump dan menghindarkan benturan kepentingan.

Permintaan ini dilakukan dengan mengirim sebuah surat dalam tujuh lembar. Sebelum ini, Elijah Cummings, salah satu wakil Demokrat di Kongres, juga telah mengajukan tuntutan serupa.

Permintaan para wakil dari Demokrat ini belum mendapat tanggapan dari Chaffetz. Dalam surat ini disebutkan:”Anda memiliki wewenang untuk melakukan penyelidikan resmi. Kami meminta Anda menggunakan wewenang ini sekarang juga.”

Dalam surat ini, Chaffetz diminta untuk menginvestigasi pembayaran pajak Trump. Para konsultan dan asisten Trump juga diminta untuk menjelaskan kepada Kongres perihal proposal-proposal Trump untuk menghindari terjadinya benturan kepentingan.

Para wakil Demokrat sangat mengkhawatirkan benturan kepentingan dagang Trump jika ia menjadi presiden nanti. Trump telah berjanji untuk menyerahkan manajemen semua perusahaannya kepada anak-anaknya.

Washington Post menambahkan, minimal ada 111 perusahaan milik Trump yang aktif di 18 negara. Hal ini bisa menimbulkan gesekan kepentingan di pentas politik luar negeri Amerika.

Sebelum Trump diumumkan sebagai pemenang dalam pilpres lalu, Chaffetz berjanji akan melanjutkan investigasi terkait penggunaan Hillary Clinton dari surel pribadi untuk urusan resmi sejak tahun 2009 hingga 2013. Setelah pilpres selesai, Chaffetz juga menjanjikan hal serupa.

Namun, sampai saat ini, Chaffetz belum memberikan penjelasan bagaimana ia akan menyelidiki perjanjian-perjanjian dagang Donald Trump. (af/tasnimnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL