Sana’a,LiputanIslam.com—Arab Saudi bersedia menggelontorkan dana senilai 7 Milyar Dolar untuk membeli senjata kepada kontraktor-kontraktor pertahanan AS. Beberapa pakar menyebut pada Kamis (23/11) bahwa senjata yang dibeli itu juga digunakan untuk memerangi Yaman.

Raytheon dan Boeing merupakan perusahaan AS yang terpilih dalam rangkaian perjanjian jual beli senjata antara Arab Saudi-AS yang berlangsung pada Mei lalu.

Dua perusahaan senjata itu menolak untuk memberikan komentar terkait transaksi yang dilakukan.

Penjualan senjata ke Arab Saudi dan beberapa perusahaan di kawasan Teluk semakin meningkat setelah kongres AS menyetujuinya.

Sementara itu, seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa sikap pemerintah akan didasarkan pada keputusan dari Kongres, jika Kongres tidak melarang, maka kami pun akan terus melanjutkan proses penjualan ini.

Dubes Arab Saudi untuk Washington, Pangeran Khalid bin Salman, menolak untuk komentar ihwal detail penjualan itu. Tetapi, ia mengatakan akan terus mengikuti persetujuan yang telah dibuat selama kunjungan Trump ke Saudi beberapa waktu lalu. (fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL