Wina,LiputanIslam.com—Delegasi PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengungkapkan harapannya atas perundingan damai utnuk Suriah yang rencananya akan terselenggarakan di Sochi, Rusia, pekan depan. Dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung pada Jum’at malam (26/1), Mistura mengatakan bahwa, “Kontribusi apapun yang didapatkan dalam perundingan intra-Suriah akan dipertimbangkan.”

Hasil perundingan di Wina akan disampaikan kepada Sekjen PBB, Antonio Guterres. Menurut de Mistura, Guterres lah yang akan menentukan apakah akan menghadiri perundingan di Sochi atau tidak.

Selain itu, de Mistura menegaskan bahwa krisis Suriah hanya bisa diakhiri dengan solusi politik yang meliputi dialog konstruktif antara orang-orang Suriah. Selain itu, solusi politik ini juga harus memastikan penghormatan pihak manapun terhadap kedaulatan teritorial Suriah.

Ketua delegasi Republik Arab Suriah untuk dialog di Wina, Dr. Bashar al-Jaafari, menekankan bahwa tujuan utama perundingan Sochi adalah untuk merundingkan masalah internal Suriah tanpa adanya campur tangan asing. (fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL