Ramallah,LiputanIslam.com-Puluhan warga Palestina melempari delegasi Kongres AS yang mengunjungi Ramallah, Tepi Barat, dengan sepatu dan telur busuk.

Puluhan aktivis Palestina berkumpul di depan kantor Pusat Riset Politik-Kristen di Ramallah. Mereka menentang tindakan kantor tersebut karena bersedia menjadi tuan rumah delegasi AS.

Para pengunjuk rasa membawa bendera Palestina dan spanduk-spanduk bertuliskan kecaman terhadap kebijakan AS terkait masalah negara mereka.

Mereka juga menyuarakan protes keras terhadap keputusan Donald Trump yang mengakui al-Quds sebagai ibukota Israel. Mereka meneriakkan slogan “al-Quds ibukota Palestina” dan “AS harus angkat kaki.”

“Kami tidak akan menerima delegasi AS manapun di Palestina. Kami menilai, penyambutan terhadap mereka adalah pengkhianatan,”tandas Jamal Jum’ah, anggota komite perlawanan terhadap penjajahan, pembangunan pemukiman Yahudi, dan tembok pembatas.

“Keputusan Pusat Riset Palestina yang menyambut delegasi AS sama saja dengan keluar dari barisan nasional. Kami mengecam keras tindakan ini,”tambahnya.

Aparat keamanan Palestina memblokade sekeliling kantor dan mencegah para pengunjuk rasa memasukinya.

Seperti diketahui, Trump dalam pidatonya mengakui al-Quds sebagai ibukota Israel. Dia juga memerintahkan agar kedubes AS di Tel Aviv dipindahkan ke kota suci tersebut. Keputusannya memicu gelombang protes di Palestina dan dunia.

Sejak saat itu hingga sekarang, lebih dari 15 warga Palestina gugur karena tembakan atau serangan udara Rezim Zionis. Ratusan orang juga terluka atau ditahan dalam sejumlah bentrokan dengan polisi Israel. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*