Syaikh Nimr4Teheran, LiputanIslam.com — Ayatullah Khatami, ulama muktabar Iran mengecam eksekusi yang dilakukan Arab Saudi terhadap Syaikh Nimr Baqir al-Nimr. “Saya tidak sangsi sedikitpun, bahwa darah suci ini akan menodai kerah dari rezim Al-Saud, dan akan menghapus mereka dari lembaran sejarah.

“Mengeksekusi Syaikh Nimr adalah tindakan kejahatan yang telah dilakukan oleh keluarga berbahaya ini. Dunia Islam berduka, dan saya harap mereka mengecam rezim ini sebisa mungkin,” ujarnya, seperti dilansir Alalam (02/1/2015).

Pemimpin Kataib Hizbullah, Abu Mahdi al-Mohandes, menyebut eksekusi terhadap Syaikh Nimr adalah tindakan kriminal yang akan ditambahkan dalam daftar panjang kejahatan Al-Saud.

Gerakan Ansarullah di Yaman juga mengutuk keras eksekusi ini. “Keluarga Al-Saud telah mengeksekusi pejuang suci, ulama besar Syaikh Nimr Baqir al-Nimr, dan ini adalah pelanggaran hak asasi manusia yang sangat mencolok.”

Supreme Islamic Shiite Council Lebanon, juga menyebut eksekusi Syaikh Nimr adalah kesalahan yang sangat serius.

Meski demikian, saudara dari Syaikh Nimr berharap publik tidak bereaksi gegabah atas eksekusi ini. “Syaikh Nimr memiliki posisi yang tinggi di dalam masyarakat, dan tidak diragukan lagi bahwa eksekusi terhadapnya akan menimbulkan reaksi. Kami berharap bahwa segala bentuk reaksi, berada dalam koridor damai. Tidak perlu ada huru-hara. Cukup sudah darah yang tertumpah,” ujar dia, seperti dilansir Reuters. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL