Riyadh,LiputanIslam.com-Situs harian Inggris, Daily Mail, melaporkan, Raja Salman akan segera mengundurkan diri dan menyerahkan mahkota kepada putranya, Muhammad bin Salman (MBS).

Sebuah sumber Daily Mail yang dekat dengan keluarga kerajaan Saudi menyatakan, Raja Salman akan turun takhta minggu depan untuk digantikan MBS.

Ini adalah langkah terakhir MBS (32 th) untuk meraih kekuasaan. Sebelum ini, dia telah melakukan penangkapan besar-besaran terhadap para pangeran dan pejabat Saudi atas tuduhan korupsi.

Menurut sumber tersebut, Raja Salman hanya akan menjadi simbol, sementara pengurusan negara praktis diserahkan kepada MBS. Pada hakikatnya, peran Raja Salman akan sama seperti peran Ratu Inggris. Dia hanya akan memegang gelar Khadimul Haramain bagi dirinya.

MBS, kata sumber ini, akan memusatkan perhatiannya kepada Iran usai dia naik takhta.

MBS juga dikabarkan akan mengandalkan bantuan militer Israel untuk menghabisi Hizbullah. Berlawanan dengan para pembesar keluarga kerajaan, MBS menjadikan Hizbullah sebagai target kedua setelah Iran. Oleh karena itu, Emir Kuwait pernah menyebutnya sebagai “Sapi Murka.”

MBS menjanjikan bantuan ekonomi senilai milyaran dolar jika Israel bersedia bekerjasama. Tanpa Israel, MBS tidak akan sanggup menghadapi Hizbullah di Lebanon. (af/alalam/dailymail)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL