Washington,LiputanIslam.com-Stasiun berita CNN mengabarkan, pihaknya memiliki akses ke lebih dari 400 pesan Jamal Khashoggi di aplikasi WhatsApp. Dengan melihat isi pesan-pesan tersebut, diketahui bahwa Muhammad bin Salman mengincar seorang pengkritik muda Saudi yang tinggal di luar negeri.

Menurut CNN, Khashoggi mengirim pesan-pesan tersebut kepada Umar Abdul Aziz, seorang aktivis HAM asal Saudi yang diasingkan di Montreal, Kanada.

“Kritik-kritik Khashoggi dalam tulisan-tulisan terbukanya soal Saudi dan Bin Salman dipilah dan dikaji secara cermat. Namun di ranah-ranah privat, kolomnis Washington Post ini melihat tak ada kendala baginya untuk melontarkan kritikan,”tulis CNN.

“Mungkin dengan melihat pesan-pesan WA Khashoggi, akan ada titik terang dalam kasus pembunuhannya,”lanjut CNN.

Abdul Aziz (27) mengizinkan CNN untuk mengakses komunikasi melalui WA antara dirinya dengan Khashoggi.

CNN menyatakan, berdasarkan pesan-pesan Khashoggi yang meliputi teks, foto, dan klip video dalam jumlah besar, ada suatu hal yang mencolok, yaitu kecemasan atas sikap Bin Salman dan kekerasannya.

“Tiap kali dia menelan lebih banyak korban, dia akan mencari lebih banyak korban,”tulis Khashoggi dalam pesan di bulan Mei.

Pesan ini dikirim Khashoggi usai ditangkapnya sejumlah aktivis HAM Saudi atas perintah Bin Salman.

“Penangkapan-penangkapan ini tidak bisa dibenarkan, juga tak akan berguna baginya. Namun memang penguasa diktator tak punya logika. Dia hanya mengenal kekerasan dan ingin menunjukkannya kepada para aktivis. Dia mirip monster (di game) Pac-Man. Semakin banyak menelan korban, dia akan mencari lebih banyak lagi. Saya tidak heran jika penangkapan ini akan menimpa orang-orang yang saat ini memuji-mujinya,”lanjut Khashoggi.

Dalam wawancara dengan CNN, Abdul Aziz mengatakan,”Jamal (Khashoggi) meyakini bahwa Bin Salman adalah ‘masalah.’ Dia berkata bahwa bocah ini (Bin Salman) harus dihentikan.”

Menurut laporan CNN, Khashoggi mengecek WA-nya terakhir kali pada tanggal 2 Oktober, yaitu hari ketika ia dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul, Turki. (af/alalam/fars)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*