TelAviv,LiputanIslam.com-Media-media Israel pada hari Kamis (16/5) melaporkan, Benyamin Netanyahu di awal pekan ini telah berbicara via telepon dengan Mike Pompeo (menlu AS). Topik yang dibicarakan adalah ketegangan terakhir di kawasan, termasuk yang berkaitan dengan Iran.

Dilansir oleh Times of Israel, dalam waktu bersamaan John Bolton (penasihat keamanan nasional AS) juga berbicara dengan koleganya dari Israel, Meir Ben-Shabbat. Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan kebijakan kedua belah pihak terhadap Iran.

Menurut media Israel ini, Netanyahu dalam rapat dengan para petinggi Rezim Zionis meminta agar mereka berusaha menjauhkan Tel Aviv dari konflik Iran-AS.

Berita terkait: Ayatullah Khamenei Tanggapi Spekulasi Perang Iran-AS

Berdasarkan laporan dari kanal 13 televisi Israel, Netanyahu meminta mereka untuk mengamati segala perkembangan terkait konflik AS dan Iran.

“Sebisa mungkin Israel jangan dilibatkan dalam perkembangan ini,”lapor kanal 13 Israel.

Laporan ini juga mengklaim, Tel Aviv menilai bahwa Iran dan sekutunya tak akan mengambil tindakan militer atas Israel.

Kantor perdana menteri Israel tidak membantah berita ini. Namun juga menyatakan tak akan mengomentarinya.

Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah media dan petinggi AS berupaya meningkatkan ketegangan dengan Iran. Salah satunya adalah penyebaran rumor terkait pengiriman puluhan ribu serdadu AS ke kawasan.

Meski demikian, usai Donald Trump dihujani kritik atas perilaku agresif para bawahannya, dia membantah kabar pengiriman serdadu AS ke Timur Tengah. Trump sekali lagi mengklaim, dia yakin Iran akan segera mengajak AS untuk berunding. (af/yjc)

Berita terkait: Gertak Sambal Ala Amerika

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*