Beijing,LiputanIslam.com—Hubungan diplomatik antara Cina dan Pakistan semakin menemukan angin segar. Beberapa waktu lalu, kedua negara ini telah menjalin hubungan perdagangan yang cukup dekat, hingga muncul gagasan dari otoritas Pakistan untuk mengganti alat tukar jual beli dari dolar AS menjadi Yuan Cina. Kali ini, Cina berencana akan membangun pangkalan Angkatan Lautnya di Pakistan, menyusul terjadinya ketegangan antara Islamabad dan Washington akibat berhentinya bantuan keuangan AS terhadap Pakistan.

Berdasarkan atas laporan kantor berita Cina Selatan, pada Sabtu (6/1), bahwa pangkalan AL Cina akan dibangun di dekat pelabuhan Gwadar, Provinsi Balochistan, Paskistan.  Hal ini dilakukan karena pelabuhan Gwadar tidak mencukupi persyaratan keamanan di wilayah ini.

“Pelabuhan Gwadar tidak memberikan pelayanan yang spesifik apabila terjadi perang di lautan… Pelabuhan ini bukanlah tempat yang cocok untuk membawa bantuan alat-alat militer,” ucap salah seorang narasumber.

Seorang analis militer Cina, hou Chenming, mengatakan dalam surat kabar tersebut bahwa Cina harus membangun pangkalan militernya di Gwadar, sebagai persiapan apabila terjadi peperangan. Sebab, pelabuhan Gwadar telah diperuntukkan untuk kepentingan sipil. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*