Kabul,LiputanIslam.com—Hubugan antara Cina dan Afghanistan semakin erat setelah keduanya menjalin ikatan kerjasama dalam bidang perdagangan. Kini, Cina berencana untuk membangun pangkalan militer di wilayah Afghanistan untuk mengamankan kepentingan antara Cina dan Afghanistan dari ancaman kelompok teroris yang baru-baru ini sering melancarkan aksinya di negara itu.

AFP melaporkan pada Jum’at (2/2) bahwa pasukan Cina dan Afghanistan sedang melakukan patroli bersama di daerah Timur Laut Afghanistan. Selain itu, Jubir Menhan Afghanistan, Mohammad Radmanesh mengatakan bahwa para pejabat dari kedua negara telah membahas rencana kerjasama militer ini akhir Desember tahun lalu di Beijing.

“Kami berencana akan membangun pangkalan militer, dan pemerintah Cina telah berkomitmen akan membantu pendanaan, perlengkapan militer, dan pelatihan untuk para militer Afghanistan,” ucap Radmanesh.

Sementara itu, diplomat senior Cina di Kabul mengatakan kepada para wartawan bahwa Cina telah terlibat aktif untuk meningkatkan kualitas militer di Afghanistan.

Akhir-akhir ini, Afghanistan sering dilanda teror dari kelompok teroris, baik itu Taliban atau pun ISIS. Banyak laporan yang beredar mengatakan bahwa kelompok teroris ISIS pindah ke Afghanistan setelah menderita kekalahan telak di Timur Tengah. Karena itu, Cina pun mulai meningkatkan kualitas keamanannya di negara ini untuk melindungi kepentingan ekonomi Cina. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*