Beijing,LiputanIslam.com—Cina mengutuk aksi yang baru-baru ini dilakukan oleh kapal perang AS. Kapal perang yang bergerak mendekati pulau-pulau yang berada di Laut Cina Selatan itu, oleh Cina, dianggap sebagai bentuk provokasi.

Seorang pejabat Pertahanan AS mengatakan, seperti dikutip oleh media pada Minggu (2/7) bahwa sebuah kapal perang AS, USS Stethem, telah berlayar mendekati pulau Triton, salah satu pulau yang berada di Laut Cina Selatan. Menanggapi pergerakan ini, Cina pun mengirim kapal dan jet tempurnya ke wilayah tersebut.

Kementerian Luar Negeri Cina juga mengatakan bahwa kapal perang AS tersebut telah memasuki wilayah perairan negara lain tanpa izin.

Juru bicara Menteri Luar Negeri Cina, Lu Kang, menyebut pergerakan AS ini sebagai bentuk provokasi politik dan militer yang serius.

“Cina mengancam AS agar segera menghentikan aksi provokasi semacam ini, yang dapat mencederai kedaulatan dan membahayakan keamanan Cina,” ucap Lu.

Lu memperingatkan bahwa Cina akan mengambil langkah tegas dalam rangka mempertahankan diri dari agresi AS. .

Di saat yang sama, koran harian Cina, Global Times, mengatakan pada Senin (3/7) bahwa “ Washington sedang melancarkan permainan politiknya di laut Cina Selatan” dengan cara mengirimkan kapal-kapal perang. Harian tersebut menambahkan bahwa usaha yang dilakukan AS untuk merusak stabilitas di wilayah Laut Cina Selatan akan menemui kegagalan dan aksi ini tidak akan merubah apapun.

“Provokasi yang dilancarkan AS ini tidak akan merubah situasi yang terjadi di Laut Cina Selatan,” ucap harian itu. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL