Beijing,LiputanIslam.com—Menlu Cina, Wang Yi, mengatakan pada Jum’at (22/12) bahwa Cina dengan tegas mendukung solusi dua negara dan pembentukan sebuah negara merdeka untuk Palestina. Ia juga berharap agar Palestina mendapatkan kedaulatan penuh dengan Yerussalem Timur sebagai Ibu Kotanya.

Pernyataan Wang Yi ini disampaikan saat dirinya mengadakan pertemuan dengan utusan Presiden Palestina, Majdalani dan Nabil Shaath di Beijing.

“Perdamaian di Timur Tengah tidak akan tercapai jika masalah Palestina tidak terselesaikan,” ucap diplomat senior Cina. Ia menambahkan bahwa masalah ini merupakan akar persoalan yang terjadi di wilayah Timur Tengah.

Wang menyeru komunitas internasional untuk mendukung Palestina.

Ia merujuk pada resolusi Sidang Umum PBB pada Kamis untuk menolak keputusan AS mengakui al-Quds sebagai Ibu Kota Israel.

Pejabat Cina meminta agar proses perdamaian di Timur Tengah segera dipercepat. Selain itu, ia meminta agar pihak Palestina membentuk satuan militer untuk mengatasi persoalan ini.

Di saat yang sama, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, melakukan kunjungan ke Paris dan mengingatkan Paris dan Eropa untuk memainkan peranan yang lebih kuat dalam mewujudkan perdamaian. Ia menyampaikan bahwa Palestina tidak lagi menerima pesawan AS untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*