Washington,LiputanIslam.com-Menurut laporan BBC, biro intelijen Amerika (CIA) mengklaim adanya hubungan antara mantan pemimpin al-Qaeda dengan Iran. Hal ini dinyatakan CIA dalam sejumlah dokumen yang dirilis baru-baru ini.

Menurut klaim tak berdasar ini, hubungan Bin Laden dengan Iran lebih rumit dan lebih erat dari hubungan yang pernah diklaim sebelum ini. Sejumlah media Barat, termasuk Guardian, mengklaim bahwa dokumen setebal 19 halaman tersebut mengungkap hubungan Iran-Bin Laden.

Dokumen ini mengklaim, Iran pernah mengajukan tawaran bantuan dana dan persenjataan kepada al-Qaeda, juga pelatihan militer untuk anggota kelompok ini di pangkalan Hizbullah Lebanon. Sebagai imbalannya, al-Qaeda mesti menyerang kepentingan Amerika di Saudi dan negara-negara Teluk.

Baru-baru ini CIA memublikasikan 470 ribu dokumen terkait Bin Laden. Dokumen-dokumen ini konon diperoleh setelah serangan tentara Amerika tahun 2011 ke tempat persembunyian Bin Laden di Pakistan.

Seperti diketahui, biro-biro intelijen Barat, terutama Amerika, berupaya mengaitkan Iran dengan kelompok-kelompok teroris, sehingga Teheran bisa dituding melakukan intervensi di negara-negara lain. Perilisan dokumen-dokumen dan klaim-klaim di atas dilakukan dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL