Madrid,LiputanIslam.com-Wakil perdana menteri Spanyol menyatakan, pemerintah pusat hanya memberi waktu sampai Kamis (19/10) kepada Carlos Puigdemont, kepala pemerintahan Catalunya, untuk menyatakan sikap terkait kemerdekaan kawasan yang dipimpinnya. Catalunya dituntut untuk segera menjawab apakah masih ingin memisahkan diri dari Spanyol atau tidak.

Soraya Saenz de Santamaria mengatakan, Puigdemont masih belum memberikan jawaban jelas kepada Madrid apakah dia telah mengumumkan kemerdekaan Catalunya atau tidak. “Oleh karena itu, dia memiliki waktu tiga hari untuk menjelaskan sikapnya,”kata De Santamaria, seperti dikutip Reuters.

“Dia (Puigdemont) masih memiliki kesempatan untuk mencari solusi keluar dari krisis ini. Pemerintah Spanyol hanya menginginkan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang sederhana. Dia telah ditanyai dan semestinya jawabannya tidak terlalu sulit atau rumit,”lanjut De Santamaria.

Sebelum ini, Madrid hanya memberi Puigdemont tenggat waktu sampai Senin pukul 10 pagi waktu setempat. Namun dia mengelak memberi jawaban langsung dan hari ini mengusulkan untuk berunding dengan pemerintah pusat Spanyol.

Puigdmont dikabarkan ingin segera bertemu dengan perdana menteri Spanyol, Mariano Rajoy. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL