657055Aichi,LiputanIslam.com-Guna mengurangi angka kecelakaan yang kian mengkhawatirkan, Kepolisian Lalu Lintas Jepang mengusulkan sebuah proposal unik kepada pemerintah.

The Guardian melaporkan, dengan proposal ini, polisi akan meminta pengemudi yang telah berusia 74 tahun ke atas untuk menyerahkan atau mengganti SIM. Sebagai gantinya, mereka akan mendapat potongan harga makan di restoran tertentu.

Hal ini sudah mulai diujicobakan sejak pekan lalu di prefektur Aichi atau yang juga dikenal dengan Tokai. Setiap pengemudi lanjut usia yang menyerahkan SIM-nya atau datang ke kepolisian untuk tes mengemudi, akan memperoleh diskon cukup besar dari jaringan restoran Sugakiya.

Langkah ini diambil setelah Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyatakan khawatir atas meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya. Dia meminta agar pihak terkait segera memikirkan solusi guna menekan angka kecelakaan.

Saat ini, masyarakat Jepang sedang ‘menua’ dengan cepat. Sekitar 17 juta warga Jepang yang berusia 65 tahun atau lebih masih mengemudikan kendaraan. Sekitar 4,8 juta dari mereka telah berusia lebih dari 75 tahun.

Meningkatnya jumlah korban dari para pengemudi lanjut usia inilah yang mendorong pihak kepolisian mengambil langkah unik di atas. (af/qudsonline)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL