Riyadh,LiputanIslam.com-Menyusul serangan rudal Yaman ke Saudi, kesalahan dan lemahnya sistem pertahanan udara Saudi menyebabkan seorang warga Mesir tewas.

Abdul Muthalib Ahmad Husain Ali adalah seorang pekerja di salah satu istana Riyadh. Dia tewas akibat jatuhnya rudal sistem pertahanan Saudi ke kawasan pemukiman di ibukota Saudi.

Padahal, sesuai pengakuan Kolonel Turki  a-Maliki, jubir koalisi Saudi, sasaran rudal Yaman adalah bandara internasional Raja Khalid, yang terletak 35 km di utara Riyadh. Semestinya sistem pertahanan udara Saudi menghadang dan menghancurkan rudal Yaman itu ratusan kilometer sebelumnya. Namun dikarenakan kinerja yang lemah, salah satu rudal sistem pertahanan itu justru jatuh di kawasan pemukiman serta menyebabkan korban luka dan jiwa.

Minggu malam (25/3) kelompok Ansharullah menembakkan beberapa rudal yang dikabarkan mengenai sejumlah target penting di wilayah Saudi.

Koalisi Saudi mengkonfirmasi serangan tersebut dan menyatakan ada tujuh rudal yang ditembakkan dari Yaman. meski Riyadh mengklaim semua rudal telah dihadang, namun foto dan video yang tersebar menunjukkan, sistem pertahanan udara mahal Saudi tidak berfungsi optimal, dan sedikitnya satu rudal sistem pertahanan malah jatuh di kawasan pemukiman. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL