Saudi, LiputanIslam.com—Raja Saudi Arabia, Salman, telah menunjuk putranya, Pangeran Khaled bin Salman, sebagai Dubes Saudi untuk AS dalam rangka memperkuat hubungan negara tersebut dengan Presiden Donald Trump.

Sebelumnya, Pangeran Khaled merupakan pilot pesawat udara yang mengambil bagian dalam pengeboman di Yaman dan melawan ISIS. Pangeran yang memiliki latarbelakang pendidikan militer di Amerika dan pernah mengenyam pendidikan di Universitas Harvard dan Georgetown itu pernah menjabat sebagai penasehat Dubes Saudi di Washington semenjak tahun lalu.

Posisi Khaled akan memberikan Trump akses langsung terhadap kerajaan Saudi, terlebih hal ini menjadi tanda kehangatan hubungan antar kedua negara tersebut setelah sebelumnya sempat dingin akibat kesepakatan nuklir yang dilakukan oleh pemerintah Obama dengan Iran.

Menteri Pertahanan Saudi Arabia, yang juga anak Raja Salman, Mohammed bin Salman telah melakukan pertemuan dengan Trump di Gedung Putih, pada Maret lalu.

Sekretaris Pertahanan Amerika, James Mattis, juga telah melakukan pertemuan dengan Raja Salman dan Pangeran Mohammed di Riyadh, pada Rabu. James mengatakan bahwa AS tertarik untuk melihat kekuatan Arab Saudi, meliputi pelayanan keamanan militer dan pelayanan rahasia. (fd/AMN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL