ABC-bom irakSadr, LiputanIslam.com — Serangan bom mobil kembali mengguncang Irak, menewaskan 60 orang, dan 70 orang lainnya menderita luka-luka di kota Sadr. Narasumber setempat menyebutkan, serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris takfiri Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Bom yang disusupkan ke dalam truk pickup meledak di jam-jam sibuk, yang berdekatan dengan salon kecantikan di lingkungan pasar yang ramai. Sebagian besar korban adalah perempuan, termasuk beberapa calon pengantin yang tampak bersiap-siap untuk melangsungkan akad nikah. Jenazah 2 calon pengantin pria juga ditemukan di dekat ledakan. Korban lainnya adalah aparat kepolisian Irak.

Sebagaimana yang dilaporkan Reuters (11/5/2016), regu penyelamat harus bekerja keras diantara genangan darah untuk memadamkan api dan mengevakuasi para korban. Asap masih mengepul selang beberapa jam setelah ledakan.

ISIS yang masih bercokol di bagian barat dan utara Irak secara berkala memang melakukan serangan, terutama ditujukan kepada Muslim Syiah dan aparat keamanan. Melalui media online, ISIS mengaku akan menargetkan pejuang Syiah, yang dianggap sebagai kaum kafir/ murtad.

Serangan ini juga meningkatkan tekanan terhadap Perdana Menteri Haider Al Abadi, yang dituntut untuk segera menyelesaikan krisis politik yang telah melumpuhkan Irak selama lebih dari sebulan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL