Washington,LiputanIslam.com-Penasihat keamanan nasional AS dalam lawatannya ke Ankara meminta agar Turki tidak menyerang kelompok Kurdi. John Bolton secara terang-terangan menyebut hal ini sebagai syarat keluarnya pasukan AS dari Suriah.

Dia mengklaim, para petempur Kurdi di Suriah masih mendapat dukungan Washington.  Sebab itu, Turki tidak boleh mengambil tindakan militer atas mereka. Bolton menegaskan, AS akan angkat kaki dari Suriah jika Turki memenuhi permintaan ini.

Saat mengunjungi Tanah Pendudukan kemarin (7/1), Bolton mengatakan,”Sejumlah pasukan AS akan bertahan di pangkalan di tenggara Suriah. Tujuannya adalah mengawasi semua pergerakan Iran.”

Padahal sebelum ini, Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan AS dari Suriah tanpa menyinggung syarat apa pun.

Menurut media-media AS, Trump mengambil keputusan ini tanpa berkonsultasi dengan para pejabat senior pemerintahannya. Oleh karena itu, muncul perselisihan tajam antara para petinggi AS terkait masalah ini.

Keputusan sepihak Trump untuk menarik pasukan AS dari Suriah mendapat banyak penentangan. Keputusan ini berujung pada pengunduran diri James Mattis (dari posisi menteri pertahanan) dan Brett McGurk (dari posisi wakil AS dalam koalisi anti-ISIS). (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*