bom kluster saudi

Serpihan bom curah yang digunakan Arab Saudi di Yaman.

London, LiputanIslam.com – Sebuah bocoran laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut Arab Saudi telah menarget warga sipil dengan “skala yang luas dan sistematis” dalam serangan udaranya terhadap Yaman. Selain itu, Saudi juga sengaja membuat warga sipil Yaman kelaparan.

“Warga sipil juga terdera aksi pelaparan yang dilakukan sebagai taktik perang selama sembilan bulan lalu,” ungkap para pakar komisi PBB, sebagaimana dilaporkan BBC dan dikutip al-Alam, Kamis (28/1).

Dia menambahkan, “Lebih dari 5800 orang terbunuh dalam perang yang terjadi sejak Maret 2015, sementara lebih dari 80 persen penduduk sangat membutuhkan bahan makanan, air bersih, dan bantuan-bantuan lain.”

Para pakar PBB mencatat 119 kasus penerbangan jet tempur Saudi yang melanggar undang-undang internasional dan banyak diantaranya menarget sasaran-sasaran sipil.

Disebutkan pula bahwa warga sipil yang berusaha kabur dari serangan udara Saudi dan sekutunya ternyata juga dikejar dan ditembaki dari helikopter.

Laporan PBB itu mengemuka setelah banyak pihak menyatakan semakin cemas terhadap kondisi kritis di Yaman.

Awal bulan lalu, pemerintahan presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi mengusir utusan PBB bidang HAM tak lama setelah tersiarnya laporan mengenai tindakan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menggunakan bom curah/tandan (cluster).

Sekjen PBB Ban Ki-moon saat itu mengingatkan bahwa penggunaan bom terlarang dapat menjurus pada kejahatan perang.

Pada perkembangan selanjutnya, diplomat Belanda mendapat tekanan dari pemerintah Riyadh sehingga mundur dari gagasan di Dewan HAM PBB yang menyerukan pengiriman tim pencari fakta internasional ke Yaman untuk menyelidiki kasus tersebut.

Bocoran laporan PBB juga menyebutkan bahwa Saudi menyuplai senjata kepada kelompok-kelompok bersenjata di Yaman “tanpa melakukan tindakan yang sesuai untuk menjamin tanggungjawab dan penyimpanan senjata itu secara tepat.”

Para pakar PBB dilarang mendatangi Yaman sehingga terpaksa menggunakan data-data yang didapat dari hasil pencitraan satelit dan sumber-sumber lain dalam menyusun laporan tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL