TelAviv,LiputanIslam.com-Stasiun televisi al-Manar mengungkapkan, kesuksesan militer Suriah dan sekutunya telah membuat Rezim Zionis khawatir. Media-media Israel menyatakan kecemasan mereka atas kemenangan strategis Hizbullah dalam menembus blokade Deir Ezzor. Bobolnya pengepungan kota ini merupakan langkah awal untuk membebaskannya dari ISIS.

Kekhawatiran ini dipicu keyakinan Israel bahwa keberhasilan poros resistansi kian mendekatkan ‘ancaman darat’ ke Tel Aviv. Israel berpendapat, poros resistansi ini memanjang dari Teheran hingga pesisir Laut Mediterania.

Menurut pengamat Israel, Trump telah mengabaikan Suriah dan kini tidak peduli lagi dengan kondisi Israel. Amerika tidak lagi mendukung kelompok pemberontak Suriah, sedangkan di lain pihak, langkah-langkah Rusia justru berguna bagi kepentingan poros resistansi.

Stasiun al-Manar berpendapat, Israel sangat mencemaskan tahap pasca kekalahan ISIS dan kemampuan Iran serta sekutunya untuk mengisi tempat kosong di Suriah. Israel semakin khawatir saat Bashar Assad tetap bertahan di posisinya; sesuatu yang merupakan titik tumpu utama kelompok resistansi. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL