Sana’a,LiputanIslam.com—Ratusan warga Yaman yang sakit dan lanjut usia akan meninggal dunia dalam waktu satu minggu jika Arab Saudi terus memblokade negara miskin itu dan menghalangi masuknya bantuan medis.

Para dokter di Ibu Kota Sana’a mengatakan kepada al-Jazeera bahwa mereka akan kekurangan obat-obatan, khususnya untuk penderita kanker, diabetes dan gagal ginjal pada awal Minggu depan.

“Saat ini kami sangat kekurangan persediaan obat-obatan dan bahkan sudah tidak memiliki stok obat penghilang rasa sakit, insulin, dan obat-obatan khusus untuk pasien kami,” ucap Abdulrahman al-Ansi, seorang dokter di rumah sakit al-Mutawkil Sana’a.

“Ali, bocah dua tahun, penderita leukemia limfositik akut, meninggal dunia bulan lalu akibat tidak adanya obat kanker,” ucapnya.

Jika saja Arab Saudi menghentikan blokadenya dan membiarkan makanan serta persediaan medis masuk ke Yaman, saya bisa mencegah para pasien kanker meninggal dunia. Namun, jika tidak, bahkan para penderita diabetes pun akan turut meninggal dunia. Minggu depan saja, ratusan orang akan langsung meninggal dunia.

Arab Saudi telah memulai kampanye militer atas Yaman sejak Maret 2015. Blokade akses laut, darat, dan udara diberlakukan atas Yaman sejak Senin (6/11), setelah kelompok Houthi melancarkan serangan balasan ke Ibu Kota Saudi, Riyadh. (fd/al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL