Ottawa,LiputanIslam.com-PM Kanada pada Rabu (5/12) menyatakan, dia telah meminta dari putra mahkota Saudi agar memberikan penjelasan yang lebih baik terkait pembunuhan Jamal Khashoggi.

Dilansir dari Global News, Justin Trudeau di hadapan wartawan mengatakan, di sela-sela KTT G-20 di Argentina, dia melontarkan sejumlah permintaan terbuka kepada Muhammad bin Salman.

“Saya telah berbicara dengan Pangeran (Bin Salman). Saya katakan kepadanya, kami butuh penjelasan lebih baik soal kasus Khashoggi dan dalang pembunuhannya,”kata Trudeau.

“Kami akan terus menekan (Saudi) guna mendapatkan jawaban.”

Dua pekan lalu, Kanada mencantumkan 17 warga Saudi, yang disebut Riyadh terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, dalam daftar sanksi. Meski ada kasus Khashoggi, kelanjutan agresi Saudi ke Yaman, dan rencana Riyadh untuk memutus hubungan diplomatik dengan Ottawa, pemerintah liberal Kanada masih enggan menghapus kesepakatan penjualan alat perang senilai satu milyar dolar kepada Saudi.

Kendati Saudi mengklaim bahwa pembunuhan Khashoggi terjadi secara spontan dan Bin Salman tidak terlibat, namun menurut media-media AS dan CIA, ada “keyakinan sedang dan tinggi” bahwa putra mahkota Saudi memerintahkan pembunuhan itu.

Usai  berjumpa dengan Gina Haspel (direktur CIA) kemarin, sejumlah senator AS menyatakan, mereka tidak lagi ragu bahwa Bin Salman adalah dalang pembunuhan Khashoggi. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*