Washington,LiputanIslam.com-Senator dari Partai Demokrat mengatakan, Kementerian Pertahanan AS akan menagih 331 juta dolar dari Saudi dan UEA. Menurut Jack Reed, tagihan itu adalah biaya pengisian bahan bakar untuk pesawat-pesawat kedua negara itu dalam agresi ke Yaman.

Senator dari negara bagian Rhode Island ini berharap, Pentagon bisa mendapat semua tagihan itu dari koalisi pimpinan Saudi.

Dalam laman pribadi Reed di situs Senat AS disebutkan:”Sejak Maret 2015 hingga 11 November 2018, AS telah memberikan layanan pengisian bahan bakar untuk pesawat-pesawat koalisi Arab. Mengingat kekeliruan Pentagon dalam penghitungan biaya layanan ini, AS belum menagih angka ini secara total dari Saudi dan UEA.”

Pada Maret lalu, Reed mengirim surat kepada James Mattis (menhan AS), yang isinya berupa permintaan agar semua biaya pengisian bahan bakar ini ditagih dari Saudi dan UEA.

Pentagon di bulan November mengumumkan, komando pusat AS telah mengkaji masalah ini dan menyadari kekeliruan yang terjadi.

Reed berpendapat, ini adalah kabar baik untuk para pembayar pajak AS. Dia berharap ada pengawasan ketat terhadap kementerian pertahanan AS.

“Warga AS jangan sampai dipaksa untuk menanggung biaya-biaya semacam ini. Semoga kementerian pertahanan mengambil tindakan untuk menutupi biaya ini,”tandas Reed. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*