Pyongyang,LiputanIslam.com-Media pemerintah Korut pada hari Rabu (4/12) memublikasikan foto-foto baru Kim Jong-un yang tengah berkuda di gunung keramat Paektu. Di saat yang sama, media juga mengabarkan rencana pertemuan penting partai berkuasa di Korut.

Dikutip dari Reuters, para analis politik menilai, acara berkuda Jong-un di hutan bersalju gunung Paektu dan berita pertemuan penting partainya merupakan pertanda kesiapan Pyongyang untuk mengambil sikap yang lebih keras dan konfrontatif.

Baca: Penyelidik PBB: Tindakan Dunia Tak Memadai dalam Kasus Pembunuhan Khashoggi

KNCA melaporkan, ini adalah kali kedua Jong-un menunggang kuda di Paektu dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. Kali ini dia disertai sejumlah pejabat senior militer Korut untuk “menghembuskan semangat revolusi kepada rakyat.”

Para analis berpendapat, langkah yang diambil Jong-un di penghujung tahun 2019 ini adalah pesan untuk AS. Menurut mereka, Washington dinilai Pyongyang tidak memedulikan tenggat waktu yang diberikan Jong-un agar AS mengambil keputusan yang lebih objektif terkait perundingan nuklir Semenanjung Korea.

Diumumkannya pertemuan Partai Buruh Korut di akhir Desember juga dianggap sebagai bukti keseriusan Pyongyang untuk menentukan kebijakan penting. Sebab, pertemuan-pertemuan semacam ini amat jarang diadakan di Korut. Ketika ini terjadi, biasanya disusul oleh perubahan penting dalam kebijakan negara tersebut. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*