pkk

Armed militants from the Kurdistan Workers’ Party (PKK) stand behind a barricade during clashes with Turkish forces in the Bismil district of Diyarbakir Province, Turkey, September 28, 2015. (Photo by AFP)

Ankara, LiputanIslam.com –– Bentrokan yang terjadi antara kepolisian Turki dan Kurdistan Workers’ Party (PKK) di provinsi Mardin telah menewaskan belasan orang.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu kemarin, kantor gubernur setempat menyatakan 10 anggota PKK terbunuh dalam aksi tembak menembak, tepatnya di kota Nusaybin, 792 km dari ibukota Ankara. Ditambahkan, dua orang warga sipil juga turut menjadi korban. Dua hari sebelumnya, seorang warga sipil juga menjadi korban dan 4 warga lainnya luka-luka akibat bentrokan serupa.

Turki telah melakukan aksi militer dalam skala besar untuk melawan PKK dalam beberapa waktu terakhir di wilayah selatan. Turki juga melakukan tindakan ofensif untuk melawan PKK di utara Irak.

Operasi ini dimulai akibat adanya ledakan mematikan di wilayah Suruc, Turki, yang telah merengut setidaknya 30 nyawa. Turki menyalahkan ISIS atas penyerangan ini. Sementara itu, etnis Kurdi berada di kota-kota yang sangat dekat dengan perbatasan Suriah.

Namun PKK justru menuduh bahwa sebenarnya, Turki mendukung ISIS. Karena itulah, PKK melakukan berbagai serangan terhadap polisi dan pihak keamanan Turki. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL