Washington,LiputanIslam.com-Menlu baru AS mengumbar janji-janji baru kepada Iran, padahal Washington sendiri belum memenuhi janji-janji sebelumnya kepada Teheran.

Dalam pidatonya di Heritage Foundation, Mike Pompeo mengklaim, jika Iran bersedia menjalin kesepakatan baru yang memuaskan Trump, maka AS akan mencabut embargo ekonomi atas negara ini, memulihkan hubungan diplomatik-ekonomi dengan Teheran, dan mengizinkan Iran untuk memperoleh teknologi modern.

Pompeo juga berjanji, jika kesepakatan semacam ini terwujud, AS akan mendukung pemulihan ekonomi Iran dan masuknya Negara Mullah ke sistem finansial dunia.

Dalam pidatonya tersebut, menlu AS mengajukan 12 syarat agar Iran bisa menjalin kesepakatan baru usai AS keluar dari JCPOA.

Berikut adalah 12 syarat yang diajukan Pompeo kepada Iran:

  1. Iran harus memberikan laporan lengkap kepada Badan Internasional Tenaga Nuklir (IAEA) terkait aspek-aspek militer program nuklirnya, juga harus menghentikan program militer nuklirnya.
  2. Iran harus menghentikan pengayaan uranium dan tidak lagi mengincar reproses plutonium, juga menutup fasilitas reaktornya.
  3. Iran harus mengizinkan penyidik IAEA mengunjungi semua situs nuklirnya.
  4. Iran harus mengakhiri program rudal balistik serta menghentikan peluncuran atau pengembangan rudal-rudal yang bisa membawa hulu ledak nuklir.
  5. Iran harus membebaskan warga AS atau sekutu AS yang dipenjara, hilang, atau ditahan.
  6. Iran harus mengakhiri dukungan terhadap kelompok-‘kelompok teroris’ Timteng, termasuk Hizbullah Lebanon, Hamas, dan Jihad Islam Palestina.
  7. Iran harus mengizinkan pemerintah Irak melucuti senjata milisi Syiah serta mengakui kedaulatan pemerintah Irak (!).
  8. Iran harus menghentikan dukungan militernya kepada Houthi dan mencari jalan keluar damai untuk Yaman.
  9. Iran harus mengeluarkan semua pasukan di bawah komandonya dari Suriah.
  10. Iran harus menghentikan bantuannya kepada Taliban dan kelompok-kelompok teroris lain di Afghanistan.
  11. Iran harus menghentikan dukungan IRGC keoada kelompok-kelompok teroris dan milisi di kawasan (!)
  12. Iran harus mengurangi tindakan mengancam terhadap para tetangganya, sebab kebanyakan mereka adalah sekutu AS. (af/yjc)
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*