Brussels,LiputanIslam.com-Pemerintah Belgia membatalkan perjanjian sewa Masjid Agung Brussels yang dikelola Arab Saudi. Menurut laporan Sputnik, langkah ini diambil atas dasar kekhawatiran meningkatnya radikalisme di negara tersebut.

Pemerintah Belgia khawatir, masjid yang aslinya merupakan tempat ibadah, digunakan sebagai pusat untuk menyebarkan paham ekstremisme.

Dalam statemennya, pemerintah Belgia mengumumkan, tindakan ini dilakukan guna menghentikan intervensi asing dalam metode pembelajaran agama Islam di Belgia.

Belgia pada tahun 1969 memberikan Masjid Agung Brussels kepada Saudi secara gratis atas nama ‘Sewa 99 Tahun.” Sebagai imbalannya, Belgia mendapat kemudahan untuk membeli minyak dari Saudi dengan harga lebih murah.

Berdasarkan laporan Business Insider, komunitas radikal terbesar Eropa berada di Belgia. Banyak anggota ISIS yang berangkat dari Benua Biru. Dalam dua tahun terakhir, sekitar enam ribu warga ekstremis Eropa pergi ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teroris ISIS. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL