Amsterdam,LiputanIslam.com-Kementerian luar negeri Belanda memberi peringatan kepada warga negara ini yang hendak pergi ke Turki, Rusia, dan Iran. Mereka diminta untuk menghapus data-data penting dari telepon genggam dan laptop mereka.

Menurut klaim para pejabat Belanda, ada kemungkinan bahwa alat-alat elektronik tersebut akan disadap dari jarak jauh untuk mencuri informasi di dalamnya.

Sebelum ini, peringatan serupa diberikan bagi warga Belanda yang hendak bepergian ke Tiongkok. Namun kali ini tiga negara di atas ditambahkan ke daftar travel warning Belanda.

Pekan lalu saat para utusan 165 perusahaan dan lembaga Belanda hendak menyertai perdana menteri negara ini menuju Tiongkok, mereka memperoleh memo peringatan dari kemenlu Belanda. Mereka diberitahu bahwa laptop dan telepon genggam mereka akan “diawasi” (pihak Tiongkok). Oleh karena itu, mereka diminta untuk menghapus data-data penting dari alat-alat elektronik tersebut.

Pemerintah Belanda juga dikabarkan memberikan telepon genggam khusus kepada para pebisnis yang akan pergi ke Tiongkok. Telepon-telepon genggam spesial itu dilengkapi dengan aplikasi antispionase. (af/alalam/mehr)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL